Senin, 25 Juli 2011

PBB Pulpis Belum Capai 20 Persen

PULANG PISAU – Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) H Achmad Amur mengatakan, pengelolaan pajak bumi dan bangunan (PBB) daerah setempat belum mencapai 20 persen meskipun potensinya cukup besar.
"Potensi PBB Kabupaten Pulang Pisau sangat prospektif, namun sampai saat ini PBB yang terkelola belum sampai 20 persen dari potensi yang ada," kata Achmad Amur.
Untuk itu, kepala desa, lurah dan camat diinstruksikan agar secara aktif membangun kesadaran dan mendorong seluas-luasnya kepada masyarakat agar secara aktif mendaftarkan obyek PBB yang dimilikinya.
Kemudian memacu para petugas yang terlibat untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengejar target pendapatan negara dari PBB sektor perkotaan dan pedesaan.
Achmad Amur meminta kepada lembaga terkait untuk membenahi permasalahan data wajib pajak yang ada disetiap desa atau kelurahan karena banyaknya mutasi subyek pajak yang tidak disertai dengan perubahan pada data Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB.
Akibatnya kepala desa dan lurah kesulitan dalam menagih wajib pajak yang dampaknya adalah target pencapaian pendapatan negara dari PBB sektor pedesaan dan perkotaan tidak bisa maksimal, katanya.ant

0 komentar:

Posting Komentar