Rabu, 20 Juli 2011

Paskibraka, Agus dan Dea Wakili Kalteng ke Istana

PALANGKA RAYA – Setelah melalui tahapan seleksi yang ketat pada Mei lalu, akhirnya Agus William dan Dea Ayu Tiara Hastika terpilih menjadi Paskibraka terbaik dan berhak mewakili Provinsi Kalimantan Tengah ke tingkat nasional. Kedua siswa itu akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di hadapan Presiden dan pejabat lainnya di Istana Negara, 17 Agustus mendatang.
Agus merupakan warga Sampit, Kotawaringin Timur. Sedangkan Dea merupakan warga Kota Palangka Raya. Kedua siswa yang masih duduk di bangku kelas dua sekolah menengah atas tersebut berhasil mengungguli 54 siswa lainnya utusan kabupaten/kota se-Kalteng. Putra dan putri terbaik Kalteng ini ditetapkan sebagai Paskibraka Nasional utusan Kalteng dengan Keputusan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 188.44/183/2011 tanggal 9 Juni 2011.
Agus dan Dea dilepas oleh Wakil Gubernur Kalteng H Achmad Diran, Selasa (19/7), untuk menjalani pelatihan yang dipusatkan di Pusat Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional, Jalan Jambore, Cibubur, Jakarta Timur.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng, Sadar Ardi, mengatakan Agus dan Dea akan bergabung dengan ratusan putra/putri terbaik dari seluruh tanah air dan menjalani pelatihan mulai 20 Juli sampai 20 Agustus.
“Secara fisik dan mental serta pengetahuan para peserta utusan Kalteng telah dipersiapkan/dibekali secara khusus, baik di tingkat kabupaten maupun provini,” tukas Sadar.
Ia menjelaskan, Agus dan Dea telah menjalani tahapan seleksi bersama 54 siswa utusan 14 kabupaten/kota, yang mencakup pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, ketrampilan PBB, kemampuan berpidato, penguasaan kesenian daerah, bahasa Inggris dan psikologi. “54 siswa yang tidak terpilih mewakili Kalteng menjadi Paskibraka tingkat nasional secara otomatis menjadi Paskibraka tingkat Provinsi Kalteng yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus nanti,” kata Sadar.
Menuut Sadar, pada akhi kegiatan seluruh anggota Paskibraka tingkat nasional, termasuk utusan Kalteng, akan menjadi Duta Belia yang akan berkunjung ke kota-kota besar di negara Asean. Antara lain Kuala Lumpur, Johor, Singapura, dan lain-lain.
Sementara Wagub Achmad Diran menyampaikan selamat kepada Agus dan Dea. Ia mengingatkan agar keduanya bisa berlatih maksimal serta menjaga nama baik daerah. “Adalah kehormatan untuk bisa mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, apalagi di hadapan Presiden RI di Istana Negara. Oleh sebab itu, jaga selalu nama baik daerah, karena yang dibawa adalah nama baik Bumi Tambun Bungai,” ucap Diran.
Ia berpesan supaya Paskibaraka utusan Kalteng menjaga kondisi fisik dan kesehatan, serta senantiasa beribadah. Ia juga berharap keduanya menunjukkan penampilan terbaik sehingga mampu menembus Pasukan 8 di Paskibraka Nasional nanti.rho

0 komentar:

Posting Komentar